Diganggu Setan Longgak, Motor Tiba-tiba Mogok

2
asrul
asrul

MITOS – Adalah Asrul Diganggu Setan Longgak, pria yang tinggal di desa Caramming kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, pekan lalu bercerita ke Redaksi MITOS. Dia punya pengalaman mistik yang membikin bulu kuduknya merinding. Seolah rambutnya berdiri tegak setelah tahu bahwa di belakangnya berdiri sosok hitam tinggi yang tak lain adalah Setan Longgak. Mahluk halus bangsa Jin yang bertubuh besar dan tinggi, bahkan terkadang tingginya sama dengan pohon kelapa.

Cerita Asrul, kejadian ini berawal pada suatu malam yang kebetulan adalah malam Jum’at sekitar jam 24.00 wita.

Pada malam itu, Asrul pergi mengunjungi  temannya di desa Kalumpang untuk menghadiri sebuah acara keluarga.  Setelah acara selesai Asrul dan temannya bernama  Alwi pulang ke rumah dengan berboncengan sepeda motor. Asrul yang membonceng Alwi dan melewati jalan mendaki. Maklum memang di kampung ini banyak badan jalan yang mendaki ataupun menurun. Desa Carammeng sendiri berada pada posisi cukup tinggi dari permukaan laut. Perjalanan dari Kalumpang ke Caramming banyak tanjakan sehingga sepeda motor harus berjalan pelan dengan menggunakan pesenelan rendah. Apalagi pada malam hari yang di sepanjang jalan tak ada lampu penerangan jalan.




Ketika sepeda motor melintas pada salah satu tanjakan, yang mamang lokasi tanjakan ini oleh penduduk setempat dikenal sangat angker, tiba-tiba mesin sepeda motor  mati. Arsul dan Alwi pun turun dari motor dan berusaha menstater sepeda motornya agar mesinnya hidup kembali.

Hanya saja sekian kali motor itu distater tapi sama sekali tidak mau bunyi. Bahkan pengapian pada businya tak ada nyala api sama sekali. Keduanya bergantian menstater tetapi semua gagal. Keringat Asrul dan Alwi pun mengucur deras.

Sambil melap keringat dengan telapak tangan, Alwi menoleh ke area bagian belakang sepeda motor, lalu tiba-tiba jantungnya berdegup kencang. Bulu kuduknya merinding kencang. Rambut Alwi terasa berdiri kaku. Alwi ternyata lihat Setan Longga yang bertubuh besar dan sangat tinggi berdiri tak jauh dari bagian belakang sepeda motor.

Dengan penuh rasa takut yang luar biasa, Alwi berbisik ke Asrul memberitahu kalau di belakang mereka ada Setan Longgak hitam tinggi yang sedang berdiri. Rupanya ulah Setan Longak inilah yang menyebabkan sepeda motor Asrul mogok.

Asrul yang baru tahu soal Setan Longgak itu, juga ketakutan yang luar biasa. Kedua pria ini sama-sama takutnya berhadapan dengan Setan Longgak yang diyakini sebagai penjaga daerah tersebut.

Alwi yang sudah tak mampu bertahan tinggal di tempat itu, berusaja mau lari. Tetapi dia dilarang oleh Asrul. “Jangan lari sebab jangan sampai mahluk halus ini mengejar kita” kata Asrul kepada Alwi.




Asrul kemudian berteriak minta tolong pada penduduk setempat. Saat berteriak itulah Setan Longgak tersebut menghilang. Juga ada seorang warga yang datang mau memberi pertolongan.

Dan anehnya, ketika Asrul mencoba menstater motornya kembali, ternyata mesinnya langsung bunyi. “Alhamudulillah …” kata Asrul sambil mengucapkan terima kasih pada warga yang datang tersebut.

Walaupun demikian, sepanjang perjalanan Asrul dan Alwi tetap saja ketakutan hingga mereka tiba di rumahnya di Caramming. Irwanto

2 KOMENTAR

  1. facebook find love –
    Hey! Quick question that’s completely off topic. Do
    you know how to make your site mobile friendly? My site looks weird
    when browsing from my iphone4. I’m trying to find a theme
    or plugin that might be able to resolve this problem. If
    you have any suggestions, please share. Many thanks!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here