Makam Keramat Berbentuk Kapal

0
Makam keramat di Riau berbentuk kapal

MITOS — Kepulauan Anambas memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Kepulauan yang berada di Provinsi Kepulauan Riau ini ternyata memiliki sejarah dengan kisah mistiknya.

Di Kepulauan Anambas terdapat sebuah makam tak bernama yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Keramat Siantan. Makam ini tersembunyi di balik rimbunnya hutan mangrove di Pulau Keramat Siantan, Kepulauan Anambas. Konon, banyak kisah tentang kejadian mistis, terkait keberadaan makam itu.

Jika ingin datang ke makam keramat itu, Anda memulai perjalanan dari Pelabuhan Sri Lakang dan terus berjalan kaki beberapa kilometer ke arah hutan mangrove. Setibanya di hutan mangrove, Anda akan menemukan jalan kayu yang mengarah lurus.

Tidak jauh dari situ, Anda akan menemukan sebuah makam yang dikelilingi oleh tembok. Tampak juga sebuah gazebo sederhana yang berada persis di bagian kanan makam.

Di makam itu biasanya ada pemandu yang bisa menjelaskan sejarah keberadaan makam itu.

Para pemandu atau orang yang boleh dikatakan sebagai juru kunci dari delapan makam keramat tak bernama itu, akan mengatakan tentang betapa angkernya makam itu dan ditakuti oleh warga sekitar.

Menurut juru kunci di tempat itu, hingga kini tidak ada yang tahu persis nama yang tertera di batu nisan masing-masing makam tersebut. Ketiadaan nama makam itu pula yang menegaskan tentang angkernya makam.

Berdasarkan penuturan warga di situ, dulu memang ada papan nama. Tetapi, papan nama itu pun seperti hilang secara misterius. Dengan kisah hilangnya papan nama itu, warga setempat semakin takut dengan keberadaan makam keramat itu.

Rumornya, makam tersebut berkaitan erat dengan Malaysia dan orang Bugis dari Sulawesi. Apakah orang yang dimakamkan di situ adalah orang Malaysia atau Bugis? Kebenarannya masih dipertanyakan dan cenderung simpang siur hingga sekarang.

Satu hal yang pasti, makam tersebut dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Bahkan, tak sedikit orang yang datang untuk meminta pertolongan dalam kesulitan hingga meminta wangsit di makam tersebut.

Ada kisah yang mengatakan, pulau yang kini terdapat makam keramat itu dulunya merupakan kapal yang karam, kemudian berubah menjadi pulau. Kedelapan makam itu disebut-sebut sebagai awak atau penumpang di kapal yang karam itu.

Pulau itu pun jika diteliti bentuknya seperti sebuah kapal dan di bagian depannya ada semacam jangkar kapal. Hanya saja, orang tidak berani melihat dari dekat dan mencoba mengamatinya, karena merasa takut dengan nuansa mistisnya.

Hingga kini tidak ada seorang pun yang dapat memastikan identitas dari si pemilik delapan batu nisan di Keramat Siantan, Anambas tersebut. Ketidaktahuan itulah yang membuat pulau dan makam keramat tak bernama itu semakin angker dan menyeramkan (**)

Sumber : Wisata Misteri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here